Selasa, Februari 05, 2013

jualan is a part of my soul, and your soul

Biarin lah ya judulnya agak-agak geje juga. :p

eh, sebetulnya gak geje deng. hanya ingin sedikit berbagi dengan kamu-kamu-kamu dihatiku~ (loh malah nyanyi ST12 seh? -_-") yang judulnya kalau dibahasa gaulin artinya, jualan itu separuh jiwaku. (ciee.. anang aja kalah :p)

oke, kenapa saya nganggap jualan itu searuh jiwaku? jujur ga begitu ngeh kapan
saya pertama jualan. yang jelas, jaman bokap nyokap saya masih kismin, rumah masih numpang, bokap aja perutnya masih slim-slim kempes gimanaaa gitu, saya udah mulai jualan es mambo yang diplastik2in gitu, yang dulu harganya cepe buat yang kecil dan dua ratus perah buat yang agak gendut,keliling kampung. banyak orang iba, eh si saya lempeng dan tiis aja kagak ngerti. maklum, masih kecil banget. umur 5 taun ada lah.

pengalaman "marketing" lain yang pernah saya alamin itu waktu jaman SD kelas 5-6. pas itu lagi jaman-jamannya banget akademi fantasi indosiar (AFI). dulu saya suka beli tabloid remaja (maklum abg), yang artikelnya AFI semua. terus, gambar-gambar artis AFI itu saya gunting-guntingin, saya jadiin kliping deh di binder atau orgi (hahaha niat banget). NAh, temen-temen tuh banyak yang suka, dan ngefans juga ternyata sama artis-artis AFI, akhirnya pada berani beli. Berlanjutlah bisnis itu hingga lulus SD. Bisnis itu terhenti karena ternyata anak SMP udah gak demen lagi sama AFI ke 5 (elaaah. lama banget sih acaranya, jadi bosen -.-)

SMP, saya juga memulai bisnis jasa. Ngetikin tugas, proposal atau paper punya nyokap dan temen-temennya, jasa ketik makalah buat temen-temen, jasa foto event, dsbg). Tapi lumayan cape bo! Soalnya dikerjain sendiri. Sampe waktu jaman itu, saya lagi freak banget sama komputer, karena kerjanya depan kompi mulu. Sampe bokap dan nyokap aja pikir cita-cita saya seputar komputer. Tetot! Ups, salah! ejak jaman SD, cita-cita impian saya selalu humaniora, ataupun setidaknya selalu berhubungan dengan makhluk hidup. Jadi dokter, guru, insiyur pertanian (gara-gara papahnya sherina di film petualangan sherina, insinyur pertanian :p), perawat, dan dokter lagi. Sekarang nyasarpun, insya Allah jadi psikolog. Amin... Balik lagi ke bisnis jasa itu. Bisnis itu berhenti karena saya sibuk mau UAN SMP.

Lah, ini kenapa jadi nostalgia kenangan jadul tentang bisnis dan jualan?
Hem.. Sori bos. Afwan. Saya gak bermaksud pamer sih. Tapi pengen ngajak pembaca semua, pernah gak sih terlibat dalam kegiatan ekonomi, namun kita berada dalam posisi penyedia barang dan jasa, dalam posisi "pemberi" barang dan jasa yang dengan tanda jasa?
Sudah di refleksi kan? Kalau belum, coba kita refleksikan sebentar. Baru scroll ke bawah lagi.






Please, refleksikan dulu ya? Ga buru-buru kok ^_^




Oke, sudah refleksinya?
Kalau sudah, siap gak sekarang kamu jualan lagi?
"Enggak ah.. Aku sibuk kuliah/kerja banting tulang/sekolah/tidur!"
Ya ampun.. Tiap hari kita belanja. Belanja ke pasar, ke mini market, ke warung, belanja bensin, atau apapun ke penjual kan? Mau terus-terusan kita yang butuh orang? Ketika mereka semua disapear, apa yang akan kamu lakukan?
Beli ke tempat lain teh!
Iya. Berarti kamu masih tergantung sama orang lain. Meskipun manusia iu makhluk sosial, dia juga gak boleh menggantungkan hidupnya kepada orang lain. Menggantungkan diri kepada Allah pun, harus ada ikhtiarnya bukan?
Aku kerja di jasa produksi teh!
Oke, kamu kerja di jasa produksi. Bagus banget! Terus produksi itu dikemanain?
Dijual sama dimakan/dipakai sendiri teh!
Eh, berarti butuh jualan juga dong ;) Intinya, dalam proses mengubah atau menghasilkan barang dan jasa butuh distribusi. Distribusi produk, yang tidak dipakai/digunakan sendiri, dan menambah nilai suatu barang/jasa karena proses untuk keuntungan pribadi, bagi saya itu disebut jualan. ;)
Mau dipakai sendiri boleh, tapi apa kamu gak butuh keperluan lain untuk hidupmu?

Apasih maksud tujuan ini?
Tanpa bermaksud meremehkan sebuah pekerjaan atau pengabdian, saya menyarankan pembaca artikel ini buat berjualan. Loh kenapa? KArena dari jualan kita bisa dapet "lebih". Insya Allah rezekinya lebih. Dan juga, julanyang mabrur itu merupakan
ada juga hadits,
أَطْيَبُ الْكَسْبِ عَمَلُ الرَّجُلِ بِيَدِهِ وَكُلُّ بَيْعٍ مَبْرُورٍ
Sebaik-baik pekerjaan adalah pekerjaan seorang pria dengan tangannya dan setiap jual beli yang mabrur.” (HR. Ahmad, Al-Bazzar, Ath-Thabrani dan selainnya, dari Ibnu ‘Umar, Rafi’ bin Khudaij, Abu Burdah bin Niyar dan selainnya). Wallahu a’lam.

Loh? Kenapa gak dikuatin sama 9 dari 10 pintu rezeki itu dari berdagang aja?
Ada beberapa ahli yang menyebutkan hadist itu dhaif, hanya perkataan para ahli hikmah saja. Tapi nanti saya pelajari dan saya sharing lagi disini ya ^^

Memang kehidupan dan pilihan itu merupakan sebuah relativitas yang sangat dipengaruhi subjektivitas. Tapi, saya sendiri sih, sangat suka dangan, dan butuh dagang. Karena saya dari dulu selalu ingin "lebih", gak salah kan kalau desire itu di salurkan pada hal positif, insya Allah jadi ibadah. Dengan punya lebih, kita juga bisa memberi lebih. Atau.. Setidaknya memperingan, dan tidak terlalu berat dalam bersedekah. Atau juga.. merupakan salah satu nikmat dunia dari Allah yang harus kita syukuri. Tul gak? Mudah-mudahan Allah selalu membimbing saya. Amin.
Wallahualam bisshawab

Semoga





Tidak ada komentar:

Posting Komentar