Sabtu, Februari 06, 2016

Araseo

Araseo dan Daebak

Ah, Araseo. Saya ingat sekali bagaimana dia lahir kedunia ini bahkan tanpa saya bidani, berbeda dengan saudara-saudaranya yang lain. Lalu, di usia minggu kedua, Araseo dan kedua saudaranya, Daebak dan Ottoke, hilang. Entah kemana.



Sedih, pasti. Tapi saya juga berpikir banyak dengan fenomena banyak kucing di rumah, biaya, yang dikeluarkan,waktu yang harus diluangkan... Dengan banyak berpikir mengenai hal itu, saya mulai ikhlas kehilangan mereka. Ah, Cumeng saja cukup kok, saya sering berpikir itu untuk mengobati kesedihan.

Tidak berselang lama, Uma bilang kalau di atap rumahnya sering ada suara misterius. Seperti tikus tapi sepertinya bukan. Mungkin salah satu anak si Cumeng? Tak beselang lama juga saya lihat Araseo muncul di atap rumah Ceu Enok dan menyusu pada si Cumeng saat Cumeng main ke atap Ceu Enok. Daebak dan Araso ada dimana? Mereka mungkin yang berada di atap rumah Uma. Saya sedikit lega, setidaknya mereka baik-baik saja.

Beberapa pekan berlalu. Bapak memberitahukan kabar mengejutkan.
B : Pit, tau keberadaan anak si Cumeng?
A: Ha? Dimana Pak?
B : Itu di garasi, meni menyedihkan.
A : Ha? Garasi kita? (pikiran saya mengarah pada Ottoke dan Daebak)
B : Bukan garasi Mang Haji Dadang.

Saya langsung mengeceknya. Ternyata sudah berpindah, anak kucing itu tidak berada di garasi Mang Haji Dadang tapi sembunyi di balik semak belukar di sebelahnya. Saya lihat itu bukan Ottoke maupun Daebak, tapi Araseo! Ya Tuhan! Kondisinya sangat memprihatinkan! Dengan badan kotor dan terluka, entah bekas gigitan, atau cedera, atau karena jatuh. Saya langsung menyelamatkannya dengan membawanya kerumah. Saya lalu membersihkan lukanya dan memberinya makan dan susu, karena awalnya Cumeng menolak menyusui. Tapi ternyata Cumeng masih mau membantu membersihkan si Araseo dengan menjilatinya.

Malamnya saya cerita kepada Bi Ucu (Mamahnya Uma), kalau Araseo ketemu. Bi Ucu langsung bilang kalau di atap rumahnya juga ada kucing! Saya disuruh mengambilnya saat itu juga! Ya keles, malem-malem. Tapi saya coba dulu ke rumah Bi Ucu tapi tidak mendapatkan hasil. Saya bilang, besok saya coba cari lagi.

Besoknya, karena sudah janjian dengan salah satu responden, saya pagi-pagi pergi dulu ke .... (saya lupa kemana hehe) dan siangnya baru pulang. Dan saat pulang, saya lihat sudah ada 2 anak kucing di rumah! Waa.. Si Daebak pulang! Saya langsung cek ke rumah  Bi Ucu, siapa tahu yang di rumah Bi Ucu adalah Ottoke. Tapi saya cuma mendapat cerita dari Bi Ucu, Mang Deden, dan Uwa Aman tentang proses ‘pengejaran’ kucing di atap rumah Mang Deden yang bikin saya berspekulasi bahwa yang di rumah Mang Deden itu adalah Daebak, karena Mang Deden bilang saat proses pengejaran itu, ada Cumeng datang. Mungkin saja Cumeng yang membawa pulang Daebak. Jadilah pencarian di rumah mang Deden, selesai.

Cumeng's Family lagi bocima.. bobo ciang camcama..

Sisters Forever

Singkat cerita, saya merawat ketiga kucing itu dengan seadanya. Karena saya harus kerja dan ambil data. Tapi untuk Araseo saya selalu sempatkan membesihkan luka dan asbesnya, setidaknya 2 hari sekali. Tapi Araseo tidak membaik :( Malah belakangan nafsu makannya berkurang. Semakin lama, semakin sedikit. Saya tidak khawatir, karena saya juga kasih vitamin Nutri Plus Gel. Tapi itu tidak membuat Araseo membaik. Araseo malah sempat mencret dan pup darah  )””””:  DX

Araseo terlihat semakin depresi. Araseo sudah tidak bisa mengeluarkan suara meong nya, matanya sering berair, dan sering muntah air. Matanya cuma terbuka setengah, kerjanya hanya tidur. Tidak mau makan dan minum. Saya lalu membawa Araseo ke Puskeswan. Cumeng waktu Asbes dan luka juga diobati di Puskeswan, sampai sekarang setidaknya masih sehat, hidup dan aktif. Araseo lalu diberi obat suntik anti radang dan oralite khusus kucing. Araseo disuruh kontrol lagi hari Senin. Tapi hari minggu Araseo semakin parah. Takut terjadi apa-apa saya ke dokter hewan dan janjian memeriksakan Araseo sorenya. Dokter dan asistennya saja sampai kasihan sekali dengan Araseo. Sudah kurus, cacingan, sakit, abses lagi. Dokter bilang kita berusaha aja mengurangi penyakitnya, nanti balik lagi ke kucingnya, dia mau fight buat sembuh atau tidak.

Saya dapet banyak tips mengurus kucing dari dokter termasuk tube feeding. Lalu saya mulai mempraktekan ilmu-ilmu dari dokter seperti membersihkan abses dan tube feeding, cara memberi obat dan-lain. Araseo susah sekali di kasih makan. Mungkin karena mulutnya berlendir juga, makanan yang sudah saya paksa masuk ke mulutnya keluar lagi, begitu juga obatnya. Tapi saya paksa san berusaha mengurus Araseo dengan baik.

Saya lihat banyak yang sayang sama Araseo. Daebak juga adiknya, meski kadang suka usil mainin buntut atau gulat sama Araseo, malah suka jilat jilat kepala Araseo. Cumeng juga. Meski gak mau menyusui, dia suka jilat-jilat absesnya si Araseo. Saya juga sayang sama Araseo. Mamah, Bapak, Yayang dan Cici juga, meski kadang jijik gamau urus absesnya si Araseo soalnya bau.

Emak yang merhatiin anak-anaknya
Adek yang merhatiin kakaknya
Saya inget banget, malam itu saya liat tiga kucing itu lagi tidur tenang numpuk-numpuk diatas karpet di beranda. Si Daebak nyusu sama si Cumeng yang lagi hamil, padahal udah ga ada susu. Si Araseo nganget di sebelah sambil nempelin badan ke Cumeng. Saya senyum. Seneng sama keluarga ini. Oya malam itu juga Araseo mau makan, tapi sedikiiiiiit sekali! Tanpa tube feeding! Saya pikir Araseo membaik, alhamdulillah :)

Saya nonton tv lalu ketiduran di dalem rumah. Lalu tiba-tiba ada suara kucing galak dan berantem! Saya langsung bangun dan memeriksa apa yang terjadi. Ada si Abah ABG Tua! Aduuuh.. Pucing. Ada si Araso lagi sakit diem aja di tempat sebelumnya sedangkan Cumeng dan Daebak udah pada kabur. Saya usir aja tuh si Abah. Udah usir si Abah saya liat si Araseo masih diatas karpet tuh, di pojokan ruang beranda ada si Cumeng dan Daebak. Oh, aman, ada ade dan emaknya. Saya ga usap-usap tuh tiga kucing kayak biasanya tiap liat mereka karena ngatuk berat. Saya pulangnya malem hari itu. Ternyata itu yang bikin saya menyesal hingga detik ini. Saya lihat paginya, ada sosok putih dibawah meja telepon. Saya pikir itu si Araseo. Saya tenang, karena kalau Cumeng dan Daebak mah ahli berantem dan kabur. Saya lalu melakukan aktivitas pagi dengan buru-buru karena harus ambil kuisioner dulu pagi di Bojongsoang. Ngasih makannya nanti aja pas mau berangkat. Tapi Bapak nanya bikin saya sadar sesuatu.
“Pit, si Araso kemana?”, tanya Bapak.
“Di bawah meja telepon!”, kata saya cuek.
“Ga ada!”, jawab Bapak.
“Di dus?”, aku mulai khawatir, ingat kalau tadi malam ada si Abah galak.
“Cek dulu geura!”, suruh Bapak.
Saya segera mengecek tempat-tempat nongrkrong si Araseo. Tidak ada! Di semua tempat tidak ada! Saya langsung panik memanggil-manggil Arase di seantero rumah. Tidak ada jawaban. Ah, Araseo kan hilang suaranya. Saya semakin panik. Tapi karena harus segera berangkat, saya akhirnya berangkat setelah meninggalkan makanan di piring makan kucing-kucing itu.

Setelah itu saya tidak menemukan Araseo dimanapun, sampai detik ini.

Saya sedih. Saya berkonsultasi dengan beberapa orang yang sudah ahli memelihara kucing. Kata Mbak Rani, mungkin mati. Lalu sama ibunya dibuang, karena takut menular ke anaknya yang sehat. Mungkin, bisa jadi. Mungkinkah di culik si Abah? Gak tau juga sih. Tapi kemungkinan terkuat adalah Araseo dibuang ibunya, Cumeng.

Ah, kucing. Kenapa sih kalian tidak berakal! Tapi kalian bersih dan penuh kasih sayang.

Cumeng juga tidak bisa ditanyai apa yang sebenarnya terjadi, jadi saya mau tidak mau menyimpan sedikit su’udzon ini. Saya jadi sering membayangkan, bahwa si Araseo kritis, lalu ibunya membuangnya agar tidak menular dan tidak sedih. Dan Araseo menghabiskan waktunya sendirian di tempat yang dingin, entah dimana, sampai akhirnya mati. (Pas ngetik ini saya nangis bombay...D”””””X)

Araseo.
Selamat tinggal. Semoga dimanapun kamu berada saat ini, kamu dalam kondisi yang lebih baik. Semoga nanti kita bisa bertemu lagi, ya?

NP : Yell - Ikimono Gakari, Goodbye Days- Yui

Araseo di tempat nongkrong favorite nya :')

.. and i'll tell you all about that when i see you again...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar