Sabtu, Februari 06, 2016

Kisah Cumeng, Ottoke, Araso, Daebak dan Hayati : Edisi Membantu Kucing Melahirkan

Saya belum cerita di blog ini mengenai cumeng yang sudah melahirkan 3 kitten luchuw tanggal 29 November 2015 lalu.. Yeaaaay...

Jadi ceritanya cumeng saya perkirakan hamil, karena menunjukan simptom-simtom kucing hamil. Entah sama siapa, yang jelas suka ada tiga kucing yang apel ke rumah saat itu. Si Abah Tua, Abah Muda, dan Garfield. Saya syok karena cumeng masih kecil (karena saya nemu nemu cumeng gak tahu dia di usia berapa jadi saya kira-kira usianya), masih 11 bulan takut kenapa-kenapa kalau dia hamil dan melahirkan diusia muda. Denger cerita dari teh eris dan blog-blog bahwa bahaya kucing melahirkan di usia muda. Anak dan ibunya bisa mati kalau gak bisa ngeden. Tapi kata Shufur, temen saya yang dokter hewan, gak apa-apa, kucing kampung biasanya kuat kok. Tapi kalau dia gak mau ngurus anaknya, kita aja yang ngurus. 

Lalu, waktu itu, hari ahad pagi, saya heran, si cumenge panik dan gelisah. Ngeong-ngeong gak jelas. Gak mau makan, maunya ngajak saya ke atap tetangga. Ya keles saya kucing juga pikir dia kali ya? 

Saya gak mulai merasa aneh. Tapi, menurut perkiraan saya, cumeng lahirannya 2 minggu lagi (eh apa seminggu lagi? lupa :p pokoknya masih lama ke tanggal lahiran). Dan saya juga masih cemas karena cumeng saya perkirakan usianya masih muda banget, 11 bulan-an, saya juga belum pernah sekalipun mengawal dan mem'bidan'i kucing, jadi nerveos banget. 

Saya elus-elus aja dia di lantai tiduran sambil ngeong-ngeong. Saya kasih vitamin nutri plus gel karena doi gak mau makan aja. Gak lama doi ngibrit ke balkon mondar mandir di beranda balkon sambil ngeong-ngeong. Terus langsung nyungsep di tumpukan kardus perabot bekas. Doi ngumpet dibawah payung sambil ngeong-ngeong. Saya panik, tapi berusaha keep calm, sambil nenangin dan ngelus-ngelus cumenge. 

Saya ribut minta bantuan adik buat browsing bagaimana cara membantu kucing melahirkan. Jujur, yang paling bikin saya takut adalah badan cumeng yang kecil, pengalaman pertama melahirkan si cumeng, saya belum pernah sekalipun berpengalaman, dan usia cumeng yang masih muda. Saya berdoa semoga si cumeng gak kenapa-kenapa. Saya lihat kayaknya si cumeng sudah mulai ngeden, ketubannya juga udah basah kemana-mana. Saya terus suport si cumeng sambil ngelus dan liatin. Tapi gak intens ngelus sih, soalnya takut dia keganggu jadi ga fokus ngeden.

Si cumeng kayaknya kelelahan dan beberapa kali kayak pingsan gitu setelah ngeden. Dia awalnya kepalanya naik dan matanya kebuka, tiba-tiba kepalanya disenderin ke lantai dan matanya nutup, kayak yang pingsan deh beneran. Saya takut banget lah, saya coba panggil-panggil dan tepuk tepuk punggungnya si cumeng biar si cumeng sadar lagi. Alhamdulillah dia bangun lagi, dalam posisi berbaring tapi kepalanya tetep terangkat. Hal itu beberapa kali terjadi, saya jadi panik beberapa kali. 

Alhamdulillah, melewati beberapa jam kontraksi, anak pertama si cumeng lahir! Ottoke!

Saya liat banget gimana anak kucing yang awalnya berbungkus lendir macam telor tanpa kulit kerasnya keluar dengan ari-arinya. Ari-ari itu langsung dimakan ibunya. Katanya bagus buat recovery stamina ibu kucing pasca melahirkan yang menguras energi. Saya lihat bagaimana si umeng menjilat-jilat si ottoke, anak pertama si umeng, sampai lendirnya bersih dan bulunya keliatan. Ottoke akhirnya mulai terlihat berbentuk bayi kucing yang mirip tikus. Saya

Hayati juga lelah dong, setelah memastikan si cumenge bisa ngurus anaknya, hayati mamam dulu. Waktu itu saya lihat jam 10-an. Sambil mamam saya ngobrol asik sama mamah mengenai proses kelahiran si ottoke. Proses makannya kalau tidak salah cuma setengah jam, lalu pas cek lagi mereka, ternyata anak kedua sudah lahir! Saya kasih nama Araseo. Tapi saat saya lagi datang, si Araseo belum bersih di jilat-jilat nya, cumeng sudah kontraksi lagi. Saya lalu support si Umeng dengan mengusap sesekali dan sengan suara. Alhamdulillah si anak ketiga, Daebak, lahir dengan gendut. Hehe. Paling gendut kayaknya.Si Umeng jilat-jilatin si Daebak sampe bersih. :)

Mereka langsung nyusu sama si Umeng. Karena si Umeng pasti capek, aku deketin aja makanan-makannya si umeng ke deket mulut. bener si Umeng kayaknya lemes banget sampe makan aja cuma bisa lirik doang. Tapi wiskhasnya gak dimakan cuma susu aja yang dimakan sama nutri plus gel. Makan yang ribet aja kali ya dia.

Alhamdulillah pengalaman pertama membantu kucing melahirkan cukup melelahkan ternyata. Tapi meski Hayati lelah, hayati bahagia karena punya keluarga baru! :)

Cumeng's Fam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar