Selasa, November 10, 2009

studi ke jerman..

hmm.. waktu kapan yah... saya lupa persisnya. hehe. maaf yah sodara... kalo gasalah waktu itu nge ganti pelajaran BK yang biasanya diganti ama pelajaran fisika. tiba-tiba datang 2 ibu-ibu cantik. hehehe. langsung masang OHP di kelas saya. dan presentasi tentang studi ke jerman.....

busssseeeeeet, keren banget !!! ngiler pengen studi di jerman! suer! dengan segala fasilitas dan biaya juga pesona yang dimiliki negara hitler itu. wahh. makin tersepona aja. [ dan emang dari smp saya udah nge fans sama negara blok a.s pas perang dunia ini.. dan itu gara-gara baca komik monster series (lupa penulisnya.. hehe. maaf, tapi disaranin buat baca. soalnya keren gila tuh komik...)].

kata si ibu cantik itu kalo kuliah di jerman itu bianyanya cuma Rp. 0 SAJA!!!
gimana saya gak ngiler sodara-sodara! dan itu untuk semua jurusan. juga masuk universitas di jerman itu gak pake cara SNMPTN kaya di negeri kesatuan kita tercinta ini. disana langsung maen masuk aja. dan bebas mau masuk fakultas dan jurusan apapun!!!
biaya hidup? yah, gimana kita (kata ibu cantik), kalo kita boros, ya hambur duit. terserah kita itu mah. [iyalah.. dimanamana juga begitu kali...]. tapi kita bisa kerja part tima kalo di jerman. dan gajihnya pun gak kaya kerja part time di indonesia (pengalaman pribadi hehehe..). bisa sampai 200 euro!! maknyos!!
ngiler banget tuhh...

waddduuuhh ngiler. tapi itu belom slesai sodara. ternyata kalo kita pake jasa konsultan pendidikan itu, biaya awal kita disana bisa sampai 90 juta. hmmm.. buat apa saja kah itu? katanya si buat belajar deutsch intensif 500 jam. buat ngurus ini itu. buat biaya hidup awal. biaya pendampingan 3 bulan disana. biaya bikin katru mahasiswa, biaya asuransi, dll. hmm. gua mikir, kalo punya duit segitu apa mending dipake naik haji aja gitu? lagian kan saya udah bayar bimbel ampe selesai + udah bayar intensif SNMPTN pula... ya udah. sejak itu saya ga terlalu nafsu sekolah di jerman..

tapi gatau napa. sekarang-sekarang ko jadi pengen banget studi di jerman. ngomong ke keluarga, ke mamah, ke bapa. responnya macem-macem. tau lah. tapi lagi nyoba meyakinkan keluargaku sayang nih sekarang. sekalian cari info juga. kalau-kalau ada konsultan atau biaya lebih murah.. atau cara lain yang lebih menguntungkan saya. dunia akhirat dan dirihoi oleh Allah SWT. amin.
dan sekarang lagi proses penetapan hati ini. soalnya kadang ragu, kadang semangat juga. mohon doa aja ya sama semua...
oya, kalo ada yang punya info studi di luar negeri terutama jerman kasih tau saya yah..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar