Senin, September 07, 2015

Cumeng Yuningsih : Lupa, Baru Sempet Cerita

Nama awalnya memeng, nama kesayangannya cumeng a.k.a cumeng yuningsih, tapi doi suka ngambek gitu, melengos aja, kalau dipanggil yuningsih, maunya dipanggil memeng aja. Kalau dipanggil memeng, dia langsung dateng sambil minta elus. Ras nya, belum diketahui. Mungkin hasil perkawinan kucing telon dan kucing lain yg warna dominannya putih. Intinya doi kucing domestik lah ya, bahasa gaul nya kucing kampung.
Beberapa kali mau nulis tentang doi di blog, saya hampir selalu lupa. Jadi cumeng ini sudah membersamai saya sejak mei pertengahan kemarin. Waktu ditemukan di atap pabrik, cumeng dalam kondisi kurus, kecil, dan imut tapi kayaknya kelaparan, karena doi tiap malam mengeong terus di pabrik. Akhirnya, pada suatu masa, Allah mempertemukan kami. Awalnya cuma tatap-tatapan yang berlanjut ke rasa kasihan. Saya akhirnya beli susu indomilk di warung dan diem diem (tanpa sepengetahuan kangjeng ratu), saya nagsih susu sama doi. Lama-lama dia gak takut sama saya. Malah sering pengen masuk ke rumah. Cuma berhubung mamah takut sama kucing, saya menahan diri walau si cumeng suka banget ngegoda dengan manja-manja manis kalau kita mau berpisah.
Kebersamaan kami akhirnya lambat laun di ketahui oleh seluruh rumah, pabrik, dan komplek H. Ule Family.

"Eta mah ucing neng apit..." (Itu mah kucing Neng Apit)
"Neng Apit ieu ucing.." (Neng Apit ini kucing)
Ya, saya sih woles aja. Cuma mamah memberlakukan peraturan, ga boleh masuk itu kucing ke rumah, karena selalu ngikutin aja tiap mau masuk rumah. Oke, it was fine, karena emang males ngurusin bulunya yang suka nempel di baju tiap habis main, tiap malem pulang dari kampus. Cape sih, cuma seru aja.
Suatu hari, cumeng ilang! Biasanya kalau pagi ga ada buat sarapan, siangnya pulang. Ini mah makanan dan susunya dari pagi ga di sentuh banget! Saya nyari lah ke selurih penjuru komplek, nanya sama mang tenun, pegawai bi lia, pegawai mang eden, pada ga liat semua! Aduuuh. Sedih bangeeet :( Akhirnya saya ga kerasa nangis. Hal ini bikin ketawa adik dan ibu saya. Saya sih sedih aja waktu itu. Pas sore, Mang Yayat, salah satu pegawai temun di AWS Textile, nyetorin si cumeng ke saya. Katanya ada di pabrik Mang Deden. Yeeeaaay! Emang mungkin kita masih berjodoh ya, Meng? Dan kemudian, tanpa minta persetujuan mamah, saya bawa cumeng ke rumah buat makan di bawah, deket pintu keluar kok! Cuma makannya berantakan.. Dan lagi badannya kotor penuh debu dan oli. Huft. Ingin sekali mandiin tapi udah sore, bisi sakit akhirnya ditunda aja. Akirnya cuma bersihin pake lap biasa. Eeeh.. setelah di bolehin masuk rumah, si cumeng malah makin ngegoda iman. Sarung yang di proses malah dimainin, di tidurin, mamah ngambek karena takut bulunya kemana-mana. Jadilah cumeng hijrah ke lantai atas, meski kadang kalau kita lagi ngelembur packing, suka nemenin di kolong meja.
Belakangan, cumeng diungsikan ke teras atas. Selain bulunya yang rontok terus, pasirnya yang suka bececer kemana-mana, cumeng juga suka nerobos masuk ke kamar. Padahal itu restricted area buat cumeng! Sekarang cumeng lagi masa pemulihan. Doi habis cedera kaki dan kena bisul dalam waktu yang hampir barengan. Syukur Alhamdulillah, doi mulai ceria, caper, dan lincah lagi. Sedih banget kemarin kerjaannya bobo dan lemes terus. Dan sekarang gantian, aku yang atit batuk, pilek, demam padahal lagi dikejar ambil data skripsi. Ya, mudah-mudahan, kita semua, saya, cumeng, pembaca, dan semua keluarga dan teman kita, selalu dikasih kekuatan dan kesehatan ya.
Aamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar