Rabu, September 30, 2015

Tips Merawat Kucing Kampung buat Pemula ala Cumeng

Yaaa, memang sih saya bukan perawat kucing yang baik, tapi mungkin untuk ukuran standar saya pengen bagi bagi sedikit banget dari semua yang saya tahu  tentang cara merawat kucing terutama yang baru tergugah karena nemu kucing yang kasian bangetb. Sejak ada cumeng yuningsih, saya jadi punya sedikit wawasan lebih tentang dunia perkucingan dari yang sebelumnya nol banget. Berikut beberapa poin penting dalam merawat kucing:

1. Mandi
Kucing jangan mandi terlalu sering. Kakau kucing kampung sebulan sekali sampe dua kali cukup. Kalau kucing yang bulunya lebih panjang atau kucing kucing ras yang kan memang lebih sering ya, seminggu sekali setidaknya. Tapi karena kita bahas tentang kucing kampung, jadi ya cukup sebulan sekali atau dua kali juga. Jangan pakai sampo atau sabun manusia, usahakan. Baiknya pakai sabun khusus kucing yang ada di pet shop atau di supermarket juga sekarang biasanya ada. Mandinya pakai air hangat dan jangan lama-lama. Waktu mandi juga harus diperhatikan, jangan terlalu siang atau sore. Baiknya pagi menjelang jam 9an, karena biasanya matahari lagi hangat dan menuju panas jadi meminimakisir kucing kedinginan. Siapkan juga anduk atau hair dryer biar kita bisa bantu kucing mengeringkan bulunya, disamping doi nanti jilat-jilat sendiri.
2. Bak Pasir
Bak pasir ini penting banget! Buat kesehatan kucing, biar bab dan pee nya terpusat. Isinya pasir gumpal yang biasa ada di pet shop. Tapi kalau saya suka beli pasir dari matrial sih buat hemat. Tapi banyak orang ga rekomendasi pakai pasir sungai a.k.a pasir matrial, karena kebersihannya kurang terjaga. Kalau menurut saya sih, it's ok selama kucingnya ga jorok dan kita rajin ganti pasirnya. Ganti pasir minimal sehari dua kali ya. Jangan terlalu lama rentangnya karena itu sumber penyakit. Bak pasir ini minimal harus punya dua, biar ga ribet. Jadi pas mau di cuci pagi atau sore udah ada gantinya. Kalau bak pasir mahal, bisa pakai baki atau baskom ko, lebih hemat menurut saya. Oya bak pasirnya di lapisi koran bawahnya ya biar tidak berceceran pasirnya.   
3. Kebersihan Telinga, Mata,  Gigi dan Kuku
Kalau kebersihan telinga, ada obatnya di petshop tapi meongers juga bisa pakai minyak kelapa atau baby oil yang dioles ke kapas buat bersihin telinga doi. Kalau gigi kucing, ada sikat dan pasta gigi khusus buat kucing di pet shop. Tapi karena saya paket hemat, jadilah saya pakai sikat gigi adult aja. Kenapa ga pake pasta atau sikat gigi bayi? Tergantung kucing nya sih. Kalau saya pernah coba pakai pasta, tapi doi ga mau. Doi cuma mau gigit sikat aja. Jadi saya biarin aja, minimal mengurangi kotoran gigi yang nempel. Pakai sikat gigi bayi juga doi ga mau. Mungkin geli. Kalau pakai sikat gigi adult kan bulunya panjang, jadi bagian dalam juga kejangkau. Mata sih ga terlalu ribet, paling bersihin belek aja pakai air hangat  dan kapas. Nah kalau kuku, saya juga belum bisa ngurusnya. Tapi katanya harus dipotong rutin. Cumeng ini sangat suka garuk garung tangga kayu atau tiang jemuran kayu, jadi kalau dipotong kukunya kasian. Dan saya juga sering kena gigit atau cakar sih kalau megang kaki nya buat mengeluarkan kuku. Jadi ya sudahlah ya.
4. Makanan
Kalau kucing kampung ga ribet. Makan apa aja yang karnivora doyan, dia juga doyan. Saya sih biasa kasih whiskas junior dicampur nasi dan lauk. Lauknya ganti ganti, kadang pindang tongkol, ikan pepes atau sop, kepala ayam presto, kuning telur goreng atau rebus, daging dan tulang ayam, cangkang dan kepala  udang, atau  juga makanan saya hehe. Kucing juga kadang doyan rumput tapi kemudian dia muntah. Itu gak apa apa. Katanya hal itu bagus buat ngeluarin zat yang ga kecerna sama doi. 
Minumnya gak ribet. Samain aja sama kita. Jangan lupa di isi ulang atau ganti tiap pagi dan sore. Kadang kadang di kasih susu juga gak apa apa, tapi jangan susu sapi biasa. Dalam susu sapi ada gula susu atau lactosa yang susah dicerna kucing dan bisa mengakibatkan mencret hingga kematian pada kucing. Jadi kalau mau , kasih susu khusus kucing atau kalau mahal pakai low lactosa milk yang ada di supermarket aja. Brand nya biasnya SGM LLM.
Waktu sakit beberapa waktu lalu, cumeng disarankan buat dikasih vitamin biar tetep sehat dan bulunya ga rontok. Namanya nutrigell, bisa di beli di pet shop harganya kisaran Rp. 95.000,-.
Oya buat rockie, alias pemula dalam ngurus kucing mungkin perlu tau kisaran harga kebutuhan-kebutuhan kucing. Berikut list nya
- Whiskas junior/adult food Rp. 25.000 / 400gr atau Rp 65.000 / 1,1 kg kalau brand frieskies biasanya lebih mahal. Yang 400 gr sekitar Rp. 30. 000
- shampoo kucing frizz/merk natural 100ml Rp. 25.000
- susu kucing shacet merk puss Rp. 5.000/ shachet.
- susu SGM LLM Rp. 40.000 / 200gr.
Untuk baby oil dan kapas standar lah ya..
Oya jangan lupa, kucing juga tetep harus diajak main ya biar tetep sehat dan ga stress. Saran aja sih, kalau kita sibuk juga, jangan kurung kucing di rumah kasian dia. Kalau di lepas mungkin jadi kucing kampung beneran, tapi seenggaknya kita jadi ada temen main dan penghilang stress kok karena dia pasti balik lagi kalau dia ngerasa nyaman sama kamu. Semua biaya yang udah kamu keluarkan? Ya.. itung-itung sedekah sama sesama makhluk Tuhan kan ;)

Semoga bermanfaat ya... 
salam dari cumeng yuningsih!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar