Selasa, Agustus 04, 2015

the kingdom of arabia journey journal (V) : at last! but not least...

Huaaaaa.. Lama banget ga beresin tulisan ini!!!
Tulisan ini adalah sequel dari pengalam umroh saya waktu 2011 lalu. Saya sertakan link di bawah ini ya, karena sudah terlampau jadul! Heu
Bagian Satu
Bagian Dua
Bagian Tiga
Bagian Empat

Setelah 8 jam perjalanan, saya akhirnya sampai di Madinah. Pertama sampai? Ah, udah agak lupa sebenarnya saya tentang detil kronologi di sana, tapi ada beberapa event yang memang cukup berkesan.
Oya, baru ingat! Kami sampai di Madinah lewat jam makan malam, sehingga kami hanya kebagian makan malam sangat seadanya. Meskipun di Mekah sebelumnya saya sudah makan banyak, tapi tetep laper karena di sepanjang perjalanan Mekah-Madinah itu ga sempet jajan. Biasanya ada catering pun kali ini gak ada. :(

Ketika sampai di hotel, saya kaget, kok katanya di hotel A dengan kualitas five star tapi malah di hotel B dengan fasilitas lobi yang tidak seperti five star.
Ah, mungkin lobi nya doang yang begini. Pikir saya.
Ternyata setelah masuk ruang makan dan masuk kamar, it was totaly different from what we expected! Kecewa? Iya banget! Mana waktu di Mekah, saya ngobrol sama beberapa jamaah travel lain, mereka lebih murah. Tapi fasilitas kece, lah kami?
Jujur saya khilaf. Saya beberapa kali ngeluh sama teh anten dan teh fina tentang fasilitas kamar yang jauh dari expetasi. Tapi teh anten sama teh fina tetep sabar dan menasehati saya. Dalam hati saya sempet bete, karena teh anten dan teh fina enak bisa sering ke mesjid kalau di kamar ga nyaman, lah gue? Di kamar yang gak nyaman gini? Masya Allah...
Astagfirullah. Pengen banget istigfar, kenapa dulu saya begitu banget ya? Oh, mungkin efek tamu bulanan saya jadi lebih sensi.
Akhirnya tibalah masa dimana jamaah yang sudah sepuh akhirnya pada protes. Dan, finally kita pindah ke hotel yang fasilitasnya ketjeh badai.. :3 Jomplang banget dari fasilitas hotel pertama yang kita datangi pertama kali di Madinah. Alhamdulillah :) Saya yang memang tidak bisa ke mesjid Nabawi sama sekali akhirnya Allah gantikan dengan fasilitas hotel yang menawan, meskipun hasrat untuk masuk dan sholat di salah satu mesjid utama ini tidak pernah bisa tergantikan.


Makam para syuhada
makam para syuhada perang uhud

galau di kamar karena ga bisa ke mesjid nabawi :'(

mesjid qishash, sekarang tiap denger qishash jadi inget serial abad kejayaan :p

sadly, couldn't going there :(

teh anten dan teh vina everywhere... 1 agustus 2015 kemarin teh anten nikah looh.. tapi sayang ga bisa dateng :'(

view dari kamar, noh keliatan pantulan di kacanya

madinah <3 br="">

rumah abu bakar

nabawi <3 br="">



unforgotten moment ;')

Saya menikmati banget wisata di Madinah yang sejuk dan rapi. Subhanallah. Kebetulan, ada Bu Ayi yang lagi haid juga, jadi saya ada teman, apalagi Bu Ayi sering ngajak jalan-jalan pas jamaah lain lagi sholat atau ke mesjid. Padahal kan kalau waktu sholat toko disana banyak yang tutup yak. Hihihi.
Tapi, karena sering ngilang gitu. Saya sering di marahin sama engkong, teh anten dan teh fina. Kalau engkong karena khawatir aja saya ngilang, kalau teh fina dan teh anten ditambah bete karena kunci kamar saya yang pegang, jadi kalau saya ngilang gitu mereka susah masuk kamar. Hihihi. Maafin ya :p
Terus setelah itu, saya jadi jarang jalan-jalan berduaan lagi sama Bu Ayi. Jadilah saya menggalau di kamar nonton tv kabel chanel mesir atau nonton shoun the sheep. Atau nonton cctv Masjid Nabawi dan Masjidil Haram. Saya juga sering foto-foto geje.
Selain itu saya juga sering ketiduran yang sangat nyenyak. Jadi saya meskipun di kamar, teh anten dan teh fina suka susah masuk. Huuu.. Maafin aku teteh :( Jadi tetaplah dimarahi :(
Saya pernah jalan-jalan malam bersama ustadz dan teteh teteh ketjeh di Madinah, tapi saya lupa kronologi nya. Pokonya saya cuma ingat rasanya. Rasanya seperti ada di stranger place, seperti mimpi, dan saya suka sekali perasaan itu. Alhamdulillah. Saya tapi gak bawa kamera, jadi gak foto-foto.
Menulis ini bikin saya rindu tanah haram :’)
Setelah habis jatah hari di Madinah, kami juga caw ke Jeddah. Tapi di Jeddah tidak lama. Pokonya ekspress banget. Rasanya seperti ‘rurusuhan’. Bahasa kerennya in rush. Haha. Baru sampai, kami langsung makan malam. Dan disuruh makan cepat karena akan belanja, karena besok tidak bisa belanja, karena pesawat berangkat pagi. Okelah, kami buru-buru. Lalu pergi belanja naik taxi. Karena over passanger, taxi yang cuma boleh huni oleh 5 orang akhirnya diisi oleh 7 orang. Buseet... Saya juga baru kepikiran bahwa itu benar-benar parah. Dan apa jadinya? Benar, kami ditilang!
Proses tilang diselesaikan oleh supir.
Setelah sampai di tempat belanja, supir marah marah karena pemimpin rombongan di taxi kami (ehem.. Ga usah sebut nama lah ya..) gak mau bertanggung jawab dengan biaya tilang tadi. Akhirnya setelah adu mulut yang menurut saya menyeramkan, supir pergi sambil marah marah. Ibu-ibu lain yang satu taxi dengan saya merasa kasihan sama supir itu dan tidak keberatan urunan bayar tilang. Tapi pemimpin rombongan itu bilang tidak usah. Ya sudah, da sudah pergi supirnya juga.
Saya nyaris tak belanja apa-apa. Saya cuma lihat satu toko yang masih buka, karena memang sudah larut sih. Kita aja yang maksa belanja. Saya lihat semua jamaah pada buru-bur belanjanya karena toko juga mau tutup. Saya cuma lihat-lihat dan tanya harga. Saya banyak lihat barang yang juga ada banyak di pasar baru bandung, jadi saya malas belanja, tapi gak tau kenapa, yang lain rasanya semangat banget. Entah semangat atau nafsu, wallahualam, semoga Allah melindungi kita semua dari nafsu yang tidak baik.
Saya akhirnya cuma beli satu pashmina, karena ingat tidak punya kerudung bersih buat besok. Itu pun last minute banget, kayaknya saya yang transaksi terakhir itu.
Selesai belanja, saya mengantar teh anten beli jam tangan ke pasar lebih dalam dan transaksi pun berjalan singkat karena last minute juga. Ah, akhirnya selesai hari penuh rurusuhan itu.
Besoknya kami siap-siap ke bandara jeddah, tapi kami tamasya sebentar di laut merah. Laut merah siang hari sepi, gak kaya di Indonesia. Katanya orang arab itu tamasyanya malam hari biar sejuk, jadi siang hari sepi. Oh, pantas. Jadi asik saja kami disana tamasya. Hanya kami dan beberapa orang turis indonesia juga. Oya, di laut merah ini juga saya akhirnya ketemu Bala-bala dan bakso setelah lamaaa sekali tidak makan makanan ini. Sebenarnya di Madinah saya jajan bakso sih, tapi cuma sekali, dan jajan bala-bala sekali di kebun kurma, tapi ini rasanya puas banget karena lagi lapar. Hehe.
Setelah selesai tamasya dan sholat di masjid terapung dan laut merah, kami langsung cus ke bandara. Cukup bete ternyata pesawat delay. Tapi akhirnya kami naik pesawat lokal dulu ke Riyadh, lalu dari Riyadh baru ke Indonesia.
Oya, ada cerita juga di bandara Riyadh. Saya kenalan sama seorang bapak-bapak asal Filiphina yang mengunjungi anaknya di Riyadh yang jadi Nurse. Anak perempuannya ini mualaf dan bapak-bapak ini juga ngakunya mualaf. Saya awalnya gak ngobrol sama Bapak-bapak ini, tapi engkong awalnya yang minta buat trasnlate obrolan mereka. Eh taunya, malah aku sama bapak-bapak itu asik ngobrolin bisnis, islam dan keluarganya. Saya cuma ingat nama anak cowoknya, kata Bapaknya semur saya, namanya Edgar Dayrit. Tapi doi masih kristen, kata Bapaknya, Bapaknya juga lagi usaha ngajak si Edgar ini buat jadi mualaf. Dan saya ge-er haha. Eh, tapi tiba-tiba kakek saya manggil keras dari jauh dan marahin saya, jangan terlalu uplek (asik) ngobrol sama stranger, lah? Siapa coba yang duluan.. -__-zz
Dan saya tinggalin bapak-bapak itu. Setelah tukeran alamat kalau someday we visit our country each other. Tau gak kometar kakek waktu marahi saya?
Leuheung mun uplek teh jeung budak ngora. Ieu mah jeung aki-aki..
(Mending asik ngobrol tuh sama anak muda, ini malah sama kakek-kakek)
Buahahahaha... Sontak jadi nahan ketawa disela dimarahin sama kakek.









Sebenarnya bahagia juga sih perjalanan kali ini, soalnya ini pertama kali saya long journey berdua doang sama engkong. Our first and our last :’) Tahun depannya setelah perjalanan ini, engkong udah gak ada. Rasanya gimana gitu, menyadari bahwa umroh terakhir kakek adalah dengan saya. *banjir air mata sambil ngetik ini*
Saya gak terlalu dekat sama engkong, tapi dari perjalanan ini, setelah gak ada engkong, saya baru sadar, meskipun jarang marahin di kampung halaman, gak kayak ke saudara-saudara lain, engkong tetep punya perhatian dan kasih sayang sama saya.. *huaaaa.. Nangis bombay..*

Thanks engkong.. Alhamdulillah.. Allah ngasih kami kesempatan buat ngerasain jadi cucu-kakek yang saling ngeyel dan marahin di tanah suci :’)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar